Wednesday 31 January 2018

Teknik-teknik membaca cepat serta hambatan-hambatannya



     A.   Teknik teknik membaca cepat
1.    Membaca scanning
    Membaca tatap / scanning atau disebut juga membaca memindai adalah membaca yang sangat cepat. Menurut Mikulecky dan Jeffries dalam Farida Rahim, membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca. Dengan berlatih teknik membaca memindai seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat.
      Teknik membaca memindai ( scanning ) adalah teknik menemukan informasi dari bacaan secara cepat ,dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata, kemudian ketika sampai pada bagian yang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Mata bergerak cepat, meloncat-loncat dan tidak melihat kata demi kata.
                                                                                                    
2.    Membaca skimming
    Membaca layap ( skimming ) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraph, dan menemukan gagasan umum dengan cepat menurut Mikulecky & Jeffries dalamFarida Rahim.
     Pengertian lain darimembaca skimming adalah membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapatkan suatu infprmasi dari yang kita baca. Skimming dilakukan untuk melakukan pembacaan cepat secara umum dalam  suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membacanya dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya.

     B.   Hambatan-hambatan dalam membaca cepat
1.    Rendahnya motivasi
    Sering kali saat membaca, kita tidak memiliki motivasi yang kuat atas bahan bacaan. Motivasi yang kurang ini secara mental akan membuat kita membaca dengan lambat dan otak tidak dirangsang untuk bekerja dan memahami apa yang kit abaca.
     Kunci untuk mengatasi hambatan ini adalah selalu tanyakan pada diri kita sendiri AMBAK ( Apa Manfaatnya Bagiku? ) saat membaca satu bacaan pakailah 5W 1H  untuk mematok target kapan bahan bacaan itu akan diselesaikan.

2.    Sulit berkonsentrasi
     Kunci utama untuk dapat mengatasi hambatan ini adalah mencari suasana yang menyenangkan dan nyaman saat membaca, yang jauh dari kebisingan dan mempunyai cahaya penerangan yang cukup. Agar bisa menyerap informasi dengan maksimal, posisi alfa ( posisi duduk tegak, rileks dengan kedua telapak kaki menyentuh lantai ) dan inilah kunci utamanya pada saat kita membaca daan sangat di anjurkan.

3.    Hambatan daalam membaca dan cara mengatasinya
  * vokalisasi ( membaca dengan bersuara )
Yakni mengucapkan kata demi kata secara lengkap, bisa dengan bersuara lantang ataupun dengan suara samara tau tidak jelas.
Untuk mengetahui apakah kita mengucapkan kata-kata atau tidak, maka letakkanlah tangan anda  dileher ketika anda sedang membaca. Bila getaran tersebut terasa di jakun, maka itu berarti kita sedang membaca bersuara
   Cara mengatasinya :
 Lakukan gerakan seperti meniup ( bibir bersiul) pada saat membaca  dan letakkan tangan kalian di leher

* subvokalisasi
    Yakni melafalkan kata-kata dalam batin/pikiran. Kebiasaan ini juga manghambat karena konsentrasi akan lebih terfokus pada bagaimana melafalkankata dengan benar  dan bukannya memahami ide yang terkandung dalam kata-kata tersebut.
  Cara mengatasinya:
    Memperlebar jangkauan pandangan mata ( fiksasi ) sehingga mata dapat menangkap beberapa kata sekaligus. Dengan cara ini, otak akan menyerap informasi berdasarkan ide  garis besarnya terdiri dari gabungan kata dan tak terpaku pada pelafalannya.

* regresi
   Dalam membaca, mata bergerak dari kiri kekanan untuk menangkap kata-kata yang terletak berikutnya. Namun sering mata bergerak kembali kebelakanguntuk membaca ulang suatu kata atau beberapa kata sebelumnya. Kebiasaan inilah yang disebut dengan regresi.
   Cara mengatasinya :
* Menanamkan kepercayaan diri pada saat membaca.
* Berkonsentrasilah dalam membaca, jangan sampai melamun, dan
* Bila anda merasa ada yang terlewati, biarkan saja.

              *



No comments:

Cara memerahkan bibir

  Memiliki warna bibir yang merah merupakan dambaan bagi semua wanita, karena dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.   Salah ...