Wednesday 31 January 2018

Pengertian dari membaca



1 1.    Membaca
   Membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh si pembaca untuk dapat membangun makna dari suatu pesan yang disampaikan melalui tulisan.  Adapun menurut Finochiaro dan Bonomo dalam Alex dan Achmad HP, membaca adalah memetik serta memahami arti atau makna yang telah terkandung dalam bahan tertulis.
          Sedangkan Henry Guntur Tarigan, membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui kata-kata atau media tulis.
   Dengan adanya  definisi tersebut dapat disimpulkan bahwamembaca pada hakekatnya adalah suatu proses yang dilakukan oleh pembaca untuk membangun makna dari suatu pesan yang disampaikan melalui tulisan.

2 2.    Tujuan membaca
1.    Membaca untuk mengetahui mengapa hal itu merupakan topic yang baik dan menarik, masalah yang terdapat dalam cerita, apa-apa yang telah dipelajari atau yang telah di alami oleh sang tokoh, dan merangkum hal-hal yang dilakukan oleh sang tokoh untuk mencapai tujuannya.
2.    Membaca untuk menemukan serta mengetahui mengapa  para tokoh merasakan seperti cara mereka itu, apa yang hendak diperlihatkan oleh sang pengarang kepada para pembaca, dan kualitas-kualitas para tokohyang membuat mereka berhasil atau gagal. Ini disebut dengan membaca untuk menyimpulkan atau membaca inferensi.
3.    Membaca untuk menemukan apakah sang tokoh berhasil atau hidup dengan ukuran-ukuran tertentu, apakah kita ingin berbuat seperti yang diperbuat oleh sang tokoh. Ini disebut dengan ,membaca menilai / membaca mengevaluasi.
4.    Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh sang tokoh. Ini disebut dengan membaca untuk memperoleh perincian atau fakta-fakta.
5.    Membaca untuk menemukan atau mengetahui apa yang terjadi pada setiap bagian cerita, apa yang terjadi pada mula-mula pertamanya  , dan untuk mengetahui urutan atau susunan organisasi cerita.

3 3.    Jenis-jenis membaca
1.    Membaca dalamhati.
Membaca dalam hati merupakan kegiatan membaca yang bertujuan untuk memperoleh pengertian,baik pokok-pokok maupun rincian-rinciannya. Secara fisiknya membaca dalam hati juga harusbisa menghindari vokalisasi, pengulangan membaca, yang menggunakan jari telunjuk atau gerakan kepala.
2.    Membaca rekreatif
Yaitu kegiatan membaca yang bertujuan untuk dapat membina minat dan kecintaan pada membaca, yang biasanya bahan bacaan yang diambil dari cerpen atau novel.
3.    Membaca keras
Yaitu kegiatan membaca yang menekankan pada ketepatan bunyi, irama, dan kelancaran pada tanda baca. Kegiatan membaca ini juga disebut dengan membaca teknis.
4.    Membaca cepat
Yaitu kegiatan membaca yang tidak menekankan pada pemahaman rincian dari isi bacaan, akan tetapi memahami pokok-pokoknya saja. Membaca ini dapat juga dilakukan dengan menggerakkan mata.
  

No comments:

Cara memerahkan bibir

  Memiliki warna bibir yang merah merupakan dambaan bagi semua wanita, karena dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.   Salah ...