Sunday 16 October 2016

Gejala modernisasi dan globalisasi diindonesia



Gejala modernisasi dan globalisasi diindonesia.
     Pada saat ini, Indonesia, dan Malaysia juga telah mengalami modernisasi dan telah merasakan globalisasi. Contohnya, informasi dari Negara lain  yang dapat kita peroleh  dengan cepat dan mudah. Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara yang mengalami juga gejala modernisasi dan globalisasi.
A. Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Kemajuan pengetahuan selalu di ikuti  dengan kemajuan teknologi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penemuan – penemuan dalam bidang teknologi guna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.
   Contohnya:
1.    Penemuan alat transportasi dari yang paling ringan misalnya sepeda sampai dengan alat – alat transportasi lainnya yang digunakan di udara, di laut, dan di darat.
2.    Penemuan sumber-sumber yang dapat diperbaharui seperti energy angina, surya, nuklir, air dan biogas yang dapat melengkapi keberadaan sumber-sumber energy yang tidak dapat diperbaharui.
3.    Penemuan telepon sebagai alat komunikasi yang membawa kemudahan bagi para penggunanya.
              Pengembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi  di Indonesia juga melibatkan Negara-negara lain. Dalam proyek ilmu pengembangan  ilmu pengetahuan seperti beasiswa, penelitian-penelitian , dan institusi dari segi pembiyaan dan pengadaan fasilitas.

B. Bidang Ekonomi
Tujuan dari modernisasi dibidang ekonomi yang dapat dilakukan diberbagai Negara di dunia, khususnya diindonesia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, untuk itu perlu dikembangkan kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan sehat.
  Contohnya :
1.    mengembangkan hubungan kemitraan yang saling mendukung dan menguntungkan koperasi dan BUMN, serta antara pengusaha besar, menengah, dan kecil dalam rangka untuk dapat  bisa memperkuat struktur perekonomian nasional.
2.    Mengembangkan persaingan yang sehat dan adil, serta menghilangkan system monopoli.
3.    Memberdayakan pengusaha kecil, menengah, dan koperasi agar lebih efisien dalam berusaha dengan suasana yang aman dan mendukung.

C. Bidang Politik
         Di Indonesia, modernisasi politik mengalami pasang surut pengembangan. Perkembangan itu, dimulai dengan bentuk demokrasi liberal, demokrasi terpimpin dan demokrasi pancasila.
    Keberhasilan pembangunan politik semakin memantapkan tatanan hidup politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi pancasila,  memantapkan perkembangan organisasi sosial politik dan kemasyarakatan, serta mendorong  peningkatan kesadaran berpolitik.

D.   Bidang Agama
     Masyarakat Indonesia sering  dikatakan sebagai masyarakat yang religius krna warga masyarakatnya yang hidup dengan  berpedoman pada kaidah-kaidah  agama yang dijamin dan dikuatkan dalam UUD pasal 29 ayat 2 yaitu negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya msing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaanya. Modernisasi mencakup modernisasi fisik  dan nonfisik, sehingga akan terdapat keseimbangan dalam membangun kehidupan didunia dan akhirat.

No comments:

Cara memerahkan bibir

  Memiliki warna bibir yang merah merupakan dambaan bagi semua wanita, karena dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.   Salah ...